Makalah hasil Observasi Penerapan Fungsi Manajemen dalam Perusahaan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perusahaan adalah tempat terjadinya
kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Perusahaan dagang merupakan perusahaan
yang aktivitas utamanya adalah membeli, menyimpan dan menjual kembali
barang-barang dagang tanpa memberi nilai tambah terhadapnya. PD Gisha Shop
adalah salah satu perusahaan dagang di Tasikmalaya yang mepunyai manajemen yang
baik.
Manajemen menurut Mary Parker Follet (1997) “merupakan
seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain”. Apa yang harus
diselesaikan? segala sesuatu yang perlu dilakukan dalam rangka mencapai tujuan
tertentu. Dalam membangun sebuah perusahan, kita membutuhkan pengelolaan
manajemen yang baik , peran manajemen dalam Perusahaan adalah agar tujuan dari
perusahaan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Agar tujuan tersebut
tercapai maka kita harus menerapkan fungsi manajemen.
Fungsi
manajemen itu sendiri berupa suatu rangkaian prosedur kerja, diantaranya adalah
perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pengarahan
(Actuating), dan pengawasan (Controlling).Dimana satu sama
lain saling berhubungan dan fungsi ini
sangat penting bagi perusahaan untuk tercapainya suatu tujuan yang diinginkan
oleh sebuah perusahaan.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang, Makalah Penerapan Planning, Organizing, Actuating dan Controling pada PD. Gisha Shop dapat
dirumuskan:
1.
Jelaskan
apa itu manajemen dan fungsi Manajemen?
2.
Bagaimana
latar belakang berdirinya perusahaan?
3.
Bagaimana
penerapan fungsi Planning di perusahaan?
4.
Bagaimana
penerapan fungsi Organizing di perusahaan?
5.
Bagaimana
penerapan fungsi Actuating di perusahaan?
6.
Bagaimana
penerapan fungsi Controling di perusahaan?
C.
Tujuan
Makalah
Berdasarkan rumusan masalah, Makalah Penerapan Planning, Organizing, Actuating dan Controling pada PD. Gisha Shop memiliki tujuan:
1.
Untuk
mengetahui apa itu manajemen dan fungsi Manajemen.
2.
Untuk
mengetahui awal mula berdirinya Perusahaan.
3.
Untuk
mengetahui penerapan fungsi Planning di
perusahaan.
4.
Untuk
mengetahui penerapan fungsi Organizing di perusahaan.
5.
Untuk
mengetahui penerapan fungsi Actuating di perusahaan.
6.
Untuk
mengetahui penerapan fungsi Controling di perusahaan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Manajemen
Manajemen
berasal dari kata manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui
proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen itu
(perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, danpengendalian).Jadi,manajemen itu
merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Menurut Stoner dan Wankel yang dikutip oleh Siswanto
(2003;22) adalah:“Manajemen adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan upaya pengendalian
anggota organisasi dan pengguanaan sumber daya organisasi lainnya demi
tercapainya tujuan organisasi yang telah dicapai.” Menurut Hasibuan (2006;1) yaitu: “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur
proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber sumber lain secara efektif
dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.”
Dari definisi
diatas, bahwa manajemen adalah ilmu dan seni untuk melaksanakan fungsi-fungsi
manajemen, dimana fungsi-fungsi manajemen tersebut bertujuan untuk mencapai
tujuan bersama, individu, dan masyarakat secara efektif dan efisien dengan
memanfaatkan sumberdaya yang ada.
B. Fungsi-Fungsi Manajamen
Fungsi POAC sendiri dalam suatu organisasi adalah untuk meningkatkan
efektifitas dan efisiensi suatu organisasi dalam pencapaian tujuannya. Berikut
adalah pemaparan singkat tentang tiap bagian dari POAC, yang mana akan dibahas
lebih dalam di bab lain:
1. Planning
Planning meliputi pengaturan
tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning telah dipertimbangkan sebagai
fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan. Di
dalam planning, manajer memperhatikan
masa depan, mengatakan “Ini adalah apa yang ingin kita capai dan bagaimana kita
akan melakukannya”.
Membuat keputusan biasanya menjadi bagian dari perencanaan karena setiap
pilihan dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana. Planning penting karena banyak berperan
dalam menggerakan fungsi manajemen yang lain. Contohnya, setiap manajer harus
membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam kepegawaian organisasi.
2. Organizing
Organizing adalah proses dalam memastikan
kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan
rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organizing juga meliputi penugasan
setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan
menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.
Aspek utama lain dari organizing adalah pengelompokan kegiatan
ke departemen atau beberapa subdivisi lainnya. Misalnya kepegawaian, untuk
memastikan bahwa sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai tujuan
organisasi. Memekerjakan orang untuk pekerjaan merupakan aktifitas kepegawaian
yang khas. Kepegawaian adalah suatu aktifitas utama yang terkadang
diklasifikasikan sebagai fungsi yang terpisah dari organizing.
3. Actuating
Actuating adalah peran manajer untuk mengarahkan
pekerja yang sesuai dengan tujuan organisasi. Actuating adalah implementasi rencana, berbeda dari planning dan organizing. Actuating membuat
urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan
nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi
kenyataan.
4. Controlling
Controlling, memastikan bahwa
kinerja sesuai dengan rencana. Hal ini membandingkan antara kinerja aktual
dengan standar yang telah ditentukan. Jika terjadi perbedaan yang signifikan
antara kinerja aktual dan yang diharapkan, manajer harus mengambil tindakan
yang sifatnya mengoreksi. Misalnya meningkatkan periklanan untuk meningkatkan
penjualan.
Fungsi dari controlling adalah
menentukan apakah rencana awal perlu direvisi, melihat hasil dari kinerja
selama ini. Jika dirasa butuh ada perubahan, maka seorang manajer akan kembali
pada proses planning. Di mana ia akan
merencanakan sesuatu yang baru, berdasarkan hasil dari controlling.
BAB III
METODELOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
Adapun tempat
dan waktu penelitian yang kami laksanakan , yakni :
1.
Tempat
Penelitian ini
dilaksanakan di PD Gisha Shop yang beramalatkan di Jl. Dadaha no. 36B,
Tasikmalaya. Kami memilih PD tersebut karena PD Gisha Shop sudah menerapkan
prinsip-prinsip POAC yang sesuai dengan tujuan penelitian ini, dan PD Gisha
Shop banyak diminati oleh para remaja karena model-model pakaian yang dijualnya
mengikuti trend masakini.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian ini sudah dilaksanakan pada
akhir semester I tahun 2017 tepatnya
hari Kamis, 30 November 2017 pukul 10.00-12.00.
B.
Teknik dan Alat
Pengumpulan Data
Teknik dan alat
pengumpulan data yang kami lakukan adalah :
1.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data ini menggunakan Wawancara. Wawancara pada penelitian ini
menggunakan interview tidak berstruktur karena peneliti memandang model ini
adalah yang paling baik, dimana subyek diberi kebebasan untuk menguraikan
jawabannya dan ungkapan – ungkapan pandangannya secara bebas dan sesuai.
Interview ini digunakan untuk mendapatkan data tentang Perusahaan dalam
penggunaan Fungsi Manajemen juga Laporan Keuangannya
2.
Alat
Pengumpulan Data
Adapun alat pengumpulan data yang kami pakai, yakni :
a. Pedoman Wawancara
Teknik
wawancara dilakukan dengan akrab dan terbuka serta mendalam, dengan ini
diharapkan dapat menangkap informasi secara utuh oleh karena itu, teknik wawancara
itu sering disebut wawancara mendalam (in-depth-interviewing (HB. Sutopo, 2002)
b. Validasi Data
Data yang telah
berhasil digali, dikumpulkan dan dicatat dalam kegiatan penelitian, harus di
usahakan kemantapan kebenarannya. Oleh karena itu, setiap peneliti harus dapat
memilih dan menentukan cara – cara yang tepat untuk mengembangkan valisasi data
yang diperolehnya (HB. Sutopo, 2002)
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Latar
Belakang Pendirian Perusahaan
Toko fashion “Gisha Shop” yang beralamatkan di jln.
Dadaha no.36 B, Tasikamalaya ini berdiri sejak 2010 secara online. Berdiri
offline pada tahun 2012 karena banyaknya permintaan dari konsumen serta respon
yang kurang baik dari para konsumen online, karena hasilnya tidak sesuai dengan
yang tertera di gambar online, disamping
itu konsumen lebih leluasa dalam memilih – milih pakaian.
Gisha shop memiliki arti tersediri, yaitu Galang dan Sani
yang awal mula berdirinya karena ide, inovasi dan hobby di bidang fashion.
Barang yang dijual di Gisa shop diantaranya keperluan perempuan yang berkisaran
Rp 35.000 – Rp 200.000 seperti baju, celana, kemeja dan sepatu. Namun produksi
sepatu dihentikan sementara waktu. Modal awal ketika berdirinya online shop
adalah Rp 0, karena sistemnya konsumen yang harus bertransaksi terlebih dahulu,
kemudian pengiriman barang. Setelah berdirinya toko, modal awal baik menjadi Rp 3.000.000.
Untuk stock barang pada saat mengerjakan online shop,
bisnis online shop diambil dari supplier. 85 % barang lokal, sedangkan 15 %
adalah barang import dari luarnegeri. Dalam sehari pada saat itu Gisha Shop
mampumenjual 10 – 20 barang / item.
Gisa
shop mempunyai pegawai sebanyak 6 orang yang masing – masing memiliki tugasnya
tersendiri, yakni mengotrol barang dan menjaga took dari pukul 09 : 00 wib – 15
:00 wib, serta mengamil barang ke rumah apabila stock di took kosong. Tugas
pengawasan toko di pegang suami yang sebagai Manajer.
Penghasilan
Gisha shop pada hari – hari biasa mencapai Rp 1.000.000 – Rp3.000.000,
sedangkan pada bulan ramadhan meningkat naik hingga Rp25.000.000 . Gisha shop
pernah mengalami kerugian saat menjalankan bisnis online shop Karen kasus
penipuan. Sejauh ini, Gisha shop memiliki reseller di luar provinsi yakni
Mataram dan Jawa Timur.
B.
Penerapan
Fungsi Manajemen pada Perusahaan
Fungsi-fungsi
manajemen adalah syarat utama bagi suatu perusahaan agar dapat berjalan dengan
baik. Planning, Organizing, Directing, Monitoring & Controlling adalah
komponen-komponen penting tersebut.
Untuk lebih
jelasnya saya akan memaparkan fungsi-fungsi manajemen melalui suatu perusahaan
yang memiliki sistem manajemen yang baik. Perusahaan tersebut perusahaan dagang
yaitu PD Gisha Shop.
1.
Planning
Di dalam Ilmu
Manajemen Planning atau Perencanaan adalah tahap awal
berdirinya suatu perusahaan. Dalam Perusahaan Gisha Shop, perencanaan ini
mencakup :
a.
Menentuka Visi
dan Misi perusahaan
Visi Perusahaan :
Menjadi
tempat berbelanja terlengkap dengan model-model pakaian yang mengikuti trend masakini dengan harga murah.
Misi Perusahaan :
1) Menjangkau
dan melayani konsumen semaksimal mungkin.
2) Memberikan
konsumen kepuasan dengan kualitas produk.
3) Memberikan
manfaat yang saling menguntungkan bagi keduanya.
b.
Menentukan
Strategi dan Taktik yang diaplikasikan pada pelaksanaan kerja
Layanan Transaksi di Gisha Shop
meliputi :
1) Online Shop
2) Dilakukan di Toko
Pengembangan Perusahaan meliputi :
1) Pengembangan operasional dan manajemen
di kelola sendiri secara independen.
2) Membuka kesempatan bagi setiap
individu yang ingin meningkatkan pendapatan dengan cara menjadi seller.
3) Dikenal di seluruh Indonesia ,mempunyai banyak konsumen tetap.
4) Mendapatkan profit maksimum.
Strategi yang akan digunakan:
Strategi yang digunakan dalam
menjalankan usaha yakni berfokus kepada tiga aspek yaitu meningkatkan jumlah transaksi, menambah konsumen
dan konsistensi dalam menjaga kualitas pelayanan dan produk.
c.
Mengalokasikan
dan Menentukan Sumber Daya yang diperlukan
Pengalokasian sumber daya yang baik
dapat diawali dengan menempatkan Sumber Daya Manusia yang baik, yakni dengan
melakukan seleksi dan penempatan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh
posisi pada struktur organisasi perusahaan.
Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini
contohnya adalah pakaian lokal juga barang import. Barang
tersebut didapatkan dari sumber yang kompeten dan memiliki produk
berkualitas dengan harga murah.
2.
Organizing
Proses yang
menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,
sistem dan lingkungan orgnanisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa
semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna
mencapai tujuan dengan baik.
Berikut adalah Struktur Organisasi dari PD Gisha Shop :
Berikut adalah Struktur Organisasi dari PD Gisha Shop :
1) Owner/Pemilik : Gilang dan Sani
2) Kepala Toko : Mila
3) Keuangan : Lina
4) Operasional : Arif
5) Marketing : Sani
6) Kepala Gudang : Diki
Pelaksanaan
fungsi organisasi dalam perusahaan ini :
1) Owner/Pemilik : Menyediakan dana, mengawasi
seluruh kegiatan perusahaan,bertindak sebagai manajer dan pemimpin.
2) Kepala Toko : Mengkoordinasikan kegiatan
barang hingga barang display, melakukan pengecekan seluruh toko .
3) Keuangan : Seksi pembukuan dan kas,
melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain.
4) Operasional : mengelola dan meningkatkan
efektifitas efisiensi operasi perusahaan.
5) Marketing : Bagian mempromosikan
barang , bertugas menghasilkan pendapatan dengan menjual produk, berhubungan
baik dengan pelanggan.
6) Kepala Gudang : Diki
a.
Mengalokasikan sumber daya dan
menetapkan tugas
Melakukan listing terhadap sumber daya yang diperlukan
,di perusahaan ini membutuhkan sumber daya yaitu
pakaian masa kini,dan bagaimana transaksi prabayarnya. Perusahaan
ini membutuhkan orang-orang yang jujur juga bertanggung jawab.
b. Kegiatan
pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia
Kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk memastikan para
tenaga kerja memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Seperti melayani
dengan sopan,ramah,murah senyum. Juga pelatihan agar tenaga kerja kompeten
,bertanggung jawab juga jujur.
c. Kegiatan
penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
Untuk mencapai kinerja perusahaan yang maksimal hendaknya
perusahaan menetapkan prinsip “right man on the right place” yakni menetapkan
orang yang tepat pada posisi yang tepat. Kegiatan ini dilakukan dengan
melihat kriteria orang yang akan ditempatkan apakah sudah sesuai dengan
standar yang ditetapkan perusahaan atau belum.
3.
Actuating
Fungsi pengarahan dan implementasi yaitu proses implementasi program agar
dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi
agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh
kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan
Implementasi :
a. Mengimplementasikan proses
kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar
dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
b. Memberikan tugas dan penjelasan
rutin mengenai pekerjaan.
c. Menjelaskan kebijakan
yang ditetapkan.
Penerapan
fungsi pengarahan dan implementasi pada perusahaan PD Gisha Shop
ini :
a.
Aspek Makro
Barang berasal dari Supplier pertama,
barang yang dijual adalah barang produksi dalam negeri maupun luar negeri yang
kekinian dan harga murah. Gisha Shop sudah dikenal di kalangan remaja , untuk
itu persaingan dengan yang lain tidak terlalu membuat rugi karena sudah banyak
pelanggan tetap.
b.
Aspek Mikro
1)
Barang yang dijual adalah pakaian untuk
wanita dan pria
85% produk local dan 15% produk luar/import.
2)
Barang yang dijual berharga dibawah 200 ribu.
3)
Promosi dilakukan di social media.
4)
Pengiriman barang menggunakan JNE
4.
Controling
Fungsi pengawasan dan pengendalian merupakan suatu fungsi
manajemen dimana ada suatu nilai penjaminan bahwa organisasi bergerak ke arah
tujuan-tujuannya. Proses ini diawali dengan pengawasan (monitoring) dan bila
ada bagian-bagian dari proses kinerja perusahaan yang berada pada jalur yang
salah, manajer mengambil tindakan korektif mengatasi masalah tersebut. Yaitu :
c.
Mengevaluasi keberhasilan dalam
pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah
ditetapkan. Hal ini secara rutin dilakukan supaya terlihat pada point mana
target yang telah tercapai dan target yang belum tercapai sehingga dapat diambil
langkah penyelesaian.
d.
Mengambil langkah klarifikasi dan
koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan. Langkah ini selalu dilakukan
agar setiap kesalahan yang ada dapat segera diperbaiki.
e.
Melakukan berbagai alternatif solusi
atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
C.
Manfaat
Penerapan Fungsi Manajemen bagi Perusahaan
Jika sebuah perusahaan
menerapkan Fungsi Manajemen dengan baik maka manfaatnya begitu banyak. Adapun
manfaat yang didapatkan yaitu:
1.
Membantu manajer dan para anggota untuk
merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan
efektif.
2.
Mendapatkan hasil yang maksimal melalui
proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai
dengan fungsi manajemen.
3.
Manajemen akan memudahkan kita untuk
menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga
target pun akan lebih mudah untuk ditentukan.
4.
Membantu proses alokasi sumber daya
yang efektif.
5.
Mendorong tumbuhnya sikap profesional
dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk
melaksanakan tugas
SIMPULAN
A.
Simpulan
Penerapan
konsep fungsi-fungsi manajemen sangat penting dan sangat diperlukan dalam suatu
perusahaan demi kemajuan perusahaan. Terlebih lagi dengan menerapkan fungsi
manajemen perusahaan dapat mengetahui letak kekurangan dan masalah yang menjadi
penghambat jalannya perusahaan. Karena dengan menjalankan fungsi-fungsi
manajemen tersebut, perusahaan mampu
mengetahui letak kekurangan dan atau masalah yang ada mulai dari proses
perencanaan sampai pengawasan hingga pada evaluasi kinerja perusahaan.
Oleh
karena itu, penerapan fungsi manajemen sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan
organisasi, khususnya perusahaan. Karenanya, perusahaan dapat meniliai diri
bagaimana harus berjalan kedepan dengan adanya persaingan yang semakn ketat
agar tetap bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan tersebut.
Dari hasil observasi yang
kami lakukan di PD. Gisha Shop disimpulkan bahwa PD. Gisha Shop telah melakukan
fungsi-fungsi manajemen dengan cukup baik. Baik dari segi fungsi perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan serta pengawasannya.
B.
Kritik dan Saran
Dari analisis hasil
wawancara kepada perusahaan yang kami lakukan ternyata ada beberapa fungsi
manajemen tidak terlaksana dengan baik masih banyak halangan dan hambatan atau
pengetahuan yang kurang, kemudian dalam penyajian laporan keuangan, masih
menggunakan pencatatan sederhana sedangkan di era sekarang pencatatan laporan
keuangan sudah menggunakan sistem sehingga lebih mudah ,lengkap juga sistematis
. Kemudian dalam penyajian makalah ini banyak sekali kekurangan terutama dalam
pelampiran laporan keuangan yang sangat sederhana karena perusahaan tidak
memberikan rincian atau apa saja yang menunjukan dan merujuk ke laporan
keuangan, karena menurut perusahaan itu adalah privasi perusahaan.
Makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran sangat kami perlukan untuk
perbaikan di masa yang akan dating.
DAFTAR
PUSTAKA
Ernie Trisnawati dan
Kurniawan Saefullah. “Pengantar
Manajemen” . 2005.
Isnaini,Lina. “laporan Observasi ( Makalah Penghantar
Manajemen ) PT Bayumas Cabang Mataram”.http://isnainilina.blogspot.co.id/2015/11/laporan-observasi-makalah-penghantar.html
Ilhamsyah,Andy . “Perencanaan Bisnis Sale Pisang”. http://andyilhamsyah.blogspot.co.id/2014/11/tugas-manajemen-makalah-sale-pisang-poac.html
Komentar
Posting Komentar