Makalah hasil Observasi Penerapan Fungsi Manajemen dalam Perusahaan

BAB I
PENDAHULUAN
                                
A.      Latar Belakang
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang aktivitas utamanya adalah membeli, menyimpan dan menjual kembali barang-barang dagang tanpa memberi nilai tambah terhadapnya. PD Gisha Shop adalah salah satu perusahaan dagang di Tasikmalaya yang mepunyai manajemen yang baik.
Manajemen menurut Mary Parker Follet (1997) “merupakan seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain”. Apa yang harus diselesaikan? segala sesuatu yang perlu dilakukan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Dalam membangun sebuah perusahan, kita membutuhkan pengelolaan manajemen yang baik , peran manajemen dalam Perusahaan adalah agar tujuan dari perusahaan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Agar tujuan tersebut tercapai maka kita harus menerapkan fungsi manajemen.
Fungsi manajemen itu sendiri berupa suatu rangkaian prosedur kerja, diantaranya adalah perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pengarahan (Actuating), dan pengawasan (Controlling).Dimana satu sama lain  saling berhubungan dan fungsi ini sangat penting bagi perusahaan untuk tercapainya suatu tujuan yang diinginkan oleh sebuah perusahaan.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, Makalah Penerapan Planning, Organizing, Actuating dan Controling pada PD. Gisha Shop dapat dirumuskan:
1.    Jelaskan apa itu manajemen dan fungsi Manajemen?
2.    Bagaimana latar belakang berdirinya perusahaan?
3.    Bagaimana penerapan fungsi Planning di perusahaan?
4.    Bagaimana penerapan fungsi Organizing di perusahaan?
5.    Bagaimana penerapan fungsi Actuating di perusahaan?
6.    Bagaimana penerapan fungsi Controling di perusahaan?
C.      Tujuan Makalah
Berdasarkan rumusan masalah, Makalah Penerapan Planning, Organizing, Actuating dan Controling pada PD. Gisha Shop  memiliki tujuan:
1.    Untuk mengetahui apa itu manajemen dan fungsi Manajemen.
2.    Untuk mengetahui awal mula berdirinya Perusahaan.
3.    Untuk mengetahui  penerapan fungsi Planning di perusahaan.
4.    Untuk mengetahui penerapan fungsi Organizing di perusahaan.
5.    Untuk mengetahui penerapan fungsi Actuating di perusahaan.
6.    Untuk mengetahui penerapan fungsi Controling di perusahaan.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
                                
A.      Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari kata manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen itu (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, danpengendalian).Jadi,manajemen itu merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Menurut Stoner dan Wankel yang dikutip oleh Siswanto (2003;22) adalah:“Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan upaya pengendalian anggota organisasi dan pengguanaan sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi yang telah dicapai.” Menurut Hasibuan (2006;1) yaitu: “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber sumber lain secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.”
Dari definisi diatas, bahwa manajemen adalah ilmu dan seni untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, dimana fungsi-fungsi manajemen tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan bersama, individu, dan masyarakat secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada.

B.       Fungsi-Fungsi Manajamen
Fungsi POAC sendiri dalam suatu organisasi adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu organisasi dalam pencapaian tujuannya. Berikut adalah pemaparan singkat tentang tiap bagian dari POAC, yang mana akan dibahas lebih dalam di bab lain:
1.      Planning
Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan. Di dalam planning, manajer memperhatikan masa depan, mengatakan “Ini adalah apa yang ingin kita capai dan bagaimana kita akan melakukannya”.
Membuat keputusan biasanya menjadi bagian dari perencanaan karena setiap pilihan dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana. Planning penting karena banyak berperan dalam menggerakan fungsi manajemen yang lain. Contohnya, setiap manajer harus membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam kepegawaian organisasi.

2.      Organizing
Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.
Aspek utama lain dari organizing adalah pengelompokan kegiatan ke departemen atau beberapa subdivisi lainnya. Misalnya kepegawaian, untuk memastikan bahwa sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Memekerjakan orang untuk pekerjaan merupakan aktifitas kepegawaian yang khas. Kepegawaian adalah suatu aktifitas utama yang terkadang diklasifikasikan sebagai fungsi yang terpisah dari organizing.

3.      Actuating
Actuating adalah peran manajer untuk mengarahkan pekerja yang sesuai dengan tujuan organisasi. Actuating adalah implementasi rencana, berbeda dari planning dan organizing. Actuating membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi kenyataan.



4.      Controlling
Controlling, memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana. Hal ini membandingkan antara kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan. Jika terjadi perbedaan yang signifikan antara kinerja aktual dan yang diharapkan, manajer harus mengambil tindakan yang sifatnya mengoreksi. Misalnya meningkatkan periklanan untuk meningkatkan penjualan.
Fungsi dari controlling adalah menentukan apakah rencana awal perlu direvisi, melihat hasil dari kinerja selama ini. Jika dirasa butuh ada perubahan, maka seorang manajer akan kembali pada proses planning. Di mana ia akan merencanakan sesuatu yang baru, berdasarkan hasil dari controlling.
BAB III
METODELOGI PENELITIAN
                                
A.      Tempat dan Waktu Penelitian
Adapun tempat dan waktu penelitian yang kami laksanakan , yakni :
1.        Tempat
Penelitian ini dilaksanakan di PD Gisha Shop yang beramalatkan di Jl. Dadaha no. 36B, Tasikmalaya. Kami memilih PD tersebut karena PD Gisha Shop sudah menerapkan prinsip-prinsip POAC yang sesuai dengan tujuan penelitian ini, dan PD Gisha Shop banyak diminati oleh para remaja karena model-model pakaian yang dijualnya mengikuti trend masakini.
2.        Waktu Penelitian
Penelitian ini sudah dilaksanakan pada akhir  semester I tahun 2017 tepatnya hari Kamis, 30 November 2017 pukul 10.00-12.00.

B.     Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Teknik dan alat pengumpulan data yang kami lakukan adalah :
1.        Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data ini menggunakan Wawancara. Wawancara pada penelitian ini menggunakan interview tidak berstruktur karena peneliti memandang model ini adalah yang paling baik, dimana subyek diberi kebebasan untuk menguraikan jawabannya dan ungkapan – ungkapan pandangannya secara bebas dan sesuai. Interview ini digunakan untuk mendapatkan data tentang Perusahaan dalam penggunaan Fungsi Manajemen juga Laporan Keuangannya
2.        Alat Pengumpulan Data
Adapun alat pengumpulan data yang kami pakai, yakni :
a.      Pedoman Wawancara
Teknik wawancara dilakukan dengan akrab dan terbuka serta mendalam, dengan ini diharapkan dapat menangkap informasi secara utuh oleh karena itu, teknik wawancara itu sering disebut wawancara mendalam (in-depth-interviewing (HB. Sutopo, 2002)
b.      Validasi Data
Data yang telah berhasil digali, dikumpulkan dan dicatat dalam kegiatan penelitian, harus di usahakan kemantapan kebenarannya. Oleh karena itu, setiap peneliti harus dapat memilih dan menentukan cara – cara yang tepat untuk mengembangkan valisasi data yang diperolehnya (HB. Sutopo, 2002)


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
                                
A.      Latar Belakang Pendirian Perusahaan
Toko fashion “Gisha Shop” yang beralamatkan di jln. Dadaha no.36 B, Tasikamalaya ini berdiri sejak 2010 secara online. Berdiri offline pada tahun 2012 karena banyaknya permintaan dari konsumen serta respon yang kurang baik dari para konsumen online, karena hasilnya tidak sesuai dengan yang tertera di gambar online,  disamping itu konsumen lebih leluasa dalam memilih – milih pakaian.
Gisha shop memiliki arti tersediri, yaitu Galang dan Sani yang awal mula berdirinya karena ide, inovasi dan hobby di bidang fashion. Barang yang dijual di Gisa shop diantaranya keperluan perempuan yang berkisaran Rp 35.000 – Rp 200.000 seperti baju, celana, kemeja dan sepatu. Namun produksi sepatu dihentikan sementara waktu. Modal awal ketika berdirinya online shop adalah Rp 0, karena sistemnya konsumen yang harus bertransaksi terlebih dahulu, kemudian pengiriman barang. Setelah berdirinya toko, modal  awal baik menjadi Rp 3.000.000.
Untuk stock barang pada saat mengerjakan online shop, bisnis online shop diambil dari supplier. 85 % barang lokal, sedangkan 15 % adalah barang import dari luarnegeri. Dalam sehari pada saat itu Gisha Shop mampumenjual 10 – 20 barang / item.
            Gisa shop mempunyai pegawai sebanyak 6 orang yang masing – masing memiliki tugasnya tersendiri, yakni mengotrol barang dan menjaga took dari pukul 09 : 00 wib – 15 :00 wib, serta mengamil barang ke rumah apabila stock di took kosong. Tugas pengawasan toko di pegang suami yang sebagai Manajer.
Penghasilan Gisha shop pada hari – hari biasa mencapai Rp 1.000.000 – Rp3.000.000, sedangkan pada bulan ramadhan meningkat naik hingga Rp25.000.000 . Gisha shop pernah mengalami kerugian saat menjalankan bisnis online shop Karen kasus penipuan. Sejauh ini, Gisha shop memiliki reseller di luar provinsi yakni Mataram dan Jawa Timur.

B.       Penerapan Fungsi Manajemen pada Perusahaan
Fungsi-fungsi manajemen adalah syarat utama bagi suatu perusahaan agar dapat berjalan dengan baik. Planning, Organizing, Directing, Monitoring & Controlling adalah komponen-komponen penting tersebut.
Untuk lebih jelasnya saya akan memaparkan fungsi-fungsi manajemen melalui suatu perusahaan yang memiliki sistem manajemen yang baik. Perusahaan tersebut perusahaan dagang yaitu PD Gisha Shop.
1.        Planning
Di dalam Ilmu Manajemen Planning atau Perencanaan adalah tahap awal berdirinya suatu perusahaan. Dalam Perusahaan Gisha Shop, perencanaan ini mencakup :
a.    Menentuka Visi dan Misi perusahaan
Visi Perusahaan :
Menjadi  tempat berbelanja terlengkap dengan model-model pakaian yang mengikuti trend masakini dengan harga murah.

Misi Perusahaan :
1)    Menjangkau dan melayani konsumen semaksimal mungkin.
2)    Memberikan konsumen kepuasan dengan kualitas produk.
3)    Memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi keduanya.

b.   Menentukan Strategi dan Taktik yang diaplikasikan pada pelaksanaan kerja
Layanan Transaksi di Gisha Shop meliputi :
1) Online Shop
2) Dilakukan di Toko
Pengembangan Perusahaan meliputi :
1) Pengembangan operasional dan manajemen di kelola sendiri secara independen.
2) Membuka kesempatan bagi setiap individu yang ingin meningkatkan pendapatan dengan cara menjadi seller.
3) Dikenal di seluruh Indonesia ,mempunyai banyak konsumen tetap.
4) Mendapatkan profit maksimum.

Strategi yang akan digunakan:
Strategi yang digunakan  dalam menjalankan usaha yakni berfokus kepada tiga aspek yaitu meningkatkan jumlah transaksi, menambah konsumen  dan konsistensi dalam menjaga kualitas pelayanan dan produk.

c.    Mengalokasikan dan Menentukan Sumber Daya yang diperlukan
Pengalokasian sumber daya yang baik dapat diawali dengan menempatkan Sumber Daya Manusia yang baik, yakni dengan melakukan seleksi dan penempatan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh posisi pada struktur organisasi perusahaan.
 Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini contohnya adalah pakaian lokal juga barang import. Barang tersebut didapatkan dari sumber yang kompeten dan memiliki produk berkualitas dengan harga murah.

2.        Organizing
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan orgnanisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan dengan baik.
Berikut adalah Struktur Organisasi dari PD Gisha Shop :
Berikut adalah Struktur Organisasi dari PD Gisha Shop :
1)      Owner/Pemilik                          : Gilang dan Sani
2)      Kepala Toko                 : Mila
3)      Keuangan                     : Lina
4)      Operasional                   : Arif
5)      Marketing                     : Sani
6)      Kepala Gudang            : Diki
Pelaksanaan fungsi organisasi dalam perusahaan ini :
1)      Owner/Pemilik              : Menyediakan dana, mengawasi seluruh kegiatan perusahaan,bertindak sebagai manajer dan pemimpin.
2)      Kepala Toko                 : Mengkoordinasikan kegiatan barang hingga barang display, melakukan pengecekan seluruh toko .
3)      Keuangan                     : Seksi pembukuan dan kas, melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain.
4)      Operasional                   : mengelola dan meningkatkan efektifitas efisiensi operasi perusahaan.
5)      Marketing                     : Bagian mempromosikan barang , bertugas menghasilkan pendapatan dengan menjual produk, berhubungan baik dengan pelanggan.
6)      Kepala Gudang            : Diki 
a.    Mengalokasikan sumber daya dan menetapkan tugas
Melakukan listing terhadap sumber daya yang diperlukan ,di perusahaan ini membutuhkan sumber daya yaitu pakaian masa kini,dan bagaimana transaksi prabayarnya. Perusahaan ini membutuhkan orang-orang yang jujur juga bertanggung jawab.

b.   Kegiatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia
Kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk memastikan para tenaga kerja memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Seperti melayani dengan sopan,ramah,murah senyum. Juga pelatihan agar tenaga kerja kompeten ,bertanggung jawab juga jujur.

c.    Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
Untuk mencapai kinerja perusahaan yang maksimal hendaknya perusahaan menetapkan prinsip “right man on the right place” yakni menetapkan orang yang tepat pada posisi yang tepat. Kegiatan ini dilakukan dengan melihat  kriteria orang yang akan ditempatkan apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan atau belum.


3.        Actuating
           Fungsi pengarahan dan implementasi yaitu proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
a.    Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
b.    Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
c.     Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.
Penerapan fungsi pengarahan dan implementasi pada perusahaan PD Gisha Shop ini :
a.    Aspek Makro
Barang berasal dari Supplier pertama, barang yang dijual adalah barang produksi dalam negeri maupun luar negeri yang kekinian dan harga murah. Gisha Shop sudah dikenal di kalangan remaja , untuk itu persaingan dengan yang lain tidak terlalu membuat rugi karena sudah banyak pelanggan tetap.
b.    Aspek Mikro
1)   Barang yang dijual adalah pakaian untuk wanita dan pria 85% produk local dan 15% produk luar/import.
2)                                                Barang yang dijual berharga dibawah 200 ribu.
3)                                                Promosi dilakukan di social media.
4)                                                Pengiriman barang menggunakan JNE

4.        Controling
Fungsi pengawasan dan pengendalian merupakan suatu fungsi manajemen dimana ada suatu nilai penjaminan bahwa organisasi bergerak ke arah tujuan-tujuannya. Proses ini diawali dengan pengawasan (monitoring) dan bila ada bagian-bagian dari proses kinerja perusahaan yang berada pada jalur yang salah, manajer mengambil tindakan korektif mengatasi masalah tersebut. Yaitu :
c.    Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hal ini secara rutin dilakukan supaya terlihat pada point mana target yang telah tercapai dan target yang belum tercapai sehingga dapat diambil langkah penyelesaian.
d.   Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan. Langkah ini selalu dilakukan agar setiap kesalahan yang ada dapat segera diperbaiki.
e.    Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.

C.      Manfaat Penerapan Fungsi Manajemen bagi Perusahaan
Jika sebuah perusahaan menerapkan Fungsi Manajemen dengan baik maka manfaatnya begitu banyak. Adapun manfaat yang didapatkan yaitu:
1.    Membantu manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.
2.    Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.
3.    Manajemen akan memudahkan kita untuk menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga target pun akan lebih mudah untuk ditentukan.
4.    Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif.
5.    Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas

 BAB III
SIMPULAN
                                
A.      Simpulan
Penerapan konsep fungsi-fungsi manajemen sangat penting dan sangat diperlukan dalam suatu perusahaan demi kemajuan perusahaan. Terlebih lagi dengan menerapkan fungsi manajemen perusahaan dapat mengetahui letak kekurangan dan masalah yang menjadi penghambat jalannya perusahaan. Karena dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen tersebut,  perusahaan mampu mengetahui letak kekurangan dan atau masalah yang ada mulai dari proses perencanaan sampai pengawasan hingga pada evaluasi kinerja perusahaan.
Oleh karena itu, penerapan fungsi manajemen sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan organisasi, khususnya perusahaan. Karenanya, perusahaan dapat meniliai diri bagaimana harus berjalan kedepan dengan adanya persaingan yang semakn ketat agar tetap bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan tersebut.
Dari hasil observasi yang kami lakukan di PD. Gisha Shop disimpulkan bahwa PD. Gisha Shop telah melakukan fungsi-fungsi manajemen dengan cukup baik. Baik dari segi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasannya.


B.       Kritik dan Saran
Dari analisis hasil wawancara kepada perusahaan yang kami lakukan ternyata ada beberapa fungsi manajemen tidak terlaksana dengan baik masih banyak halangan dan hambatan atau pengetahuan yang kurang, kemudian dalam penyajian laporan keuangan, masih menggunakan pencatatan sederhana sedangkan di era sekarang pencatatan laporan keuangan sudah menggunakan sistem sehingga lebih mudah ,lengkap juga sistematis . Kemudian dalam penyajian makalah ini banyak sekali kekurangan terutama dalam pelampiran laporan keuangan yang sangat sederhana karena perusahaan tidak memberikan rincian atau apa saja yang menunjukan dan merujuk ke laporan keuangan, karena menurut perusahaan itu adalah privasi perusahaan.
Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran sangat kami perlukan untuk perbaikan di masa yang akan dating. 
DAFTAR PUSTAKA

Ernie Trisnawati dan Kurniawan Saefullah. “Pengantar Manajemen” . 2005.
Isnaini,Lina. “laporan Observasi ( Makalah Penghantar Manajemen ) PT Bayumas Cabang Mataram”.http://isnainilina.blogspot.co.id/2015/11/laporan-observasi-makalah-penghantar.html

Putra,Michael. “Pengertian Manajemen – Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, Makalah”. https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/




Komentar

Postingan Populer